Berkendara saat Musim Hujan? Ikuti Tips Ini!

 


Jalanan yang licin ditambah jarak pandang yang kurang memadai seringkali menjadi penyebab utama terjadinya kecelakaan, terutama saat musim hujan. Untuk itu, pengendara disarankan untuk lebih berhati-hati ketika berkendara agar terhindar dari kecelakaan yang bisa membahayakan keselamatan diri. Di samping itu, pengendara juga dianjurkan untuk rutin mengecek kondisi mobil yang dibeli lewat perusahaan pembiayaan terbaik di Indonesia sebelum berkendara di musim hujan supaya tidak mengalami kecelakaan.

Dan agar lebih aman, pengendara juga bisa mengikuti beberapa tips berikut:

1.       Gunakan gigi rendah

Ketika berkendara di bawah hujan deras, menggunakan gigi rendah adalah pilihan terbaik. Pasalnya, penggunaan gigi rendah dapat mempermudah Anda mengerem ketika melewati tikungan tajam. Selain itu, gigi rendah juga dapat membantu Anda dalam mengontrol kecepatan mobil dan bisa bertahan lebih lama saat melewati jalanan yang menanjak maupun turunan yang licin.

2.       Hindari genangan air

Saat musim hujan, tentunya akan ada banyak genangan air di jalanan. Jika genangan terlalu tinggi, sudah jelas Anda disarankan untuk tidak menerobosnya. Sebab jika sampai air mengenai beberapa area mesin yang sensitif terhadap cairan, maka risikonya mobil Anda bisa mengalami kerusakan. Namun sebenarnya, Anda juga disarankan untuk menghindari genangan air yang sedikit sekalipun. Sebab genangan air tersebut bisa menyebabkan mobil mengalami selip akibat hydroplaning. Seandainya kondisinya tidak memungkinkan, Anda bisa mengurangi kecepatan untuk menjaga cengkraman ban pada permukaan jalan tetap stabil.

3.       Matikan pendingin kabin

Jangan lupa matikan pendingin kabin alias AC mobil saat terpaksa melewati genangan air karena jika tidak dimatikan maka dapat memicu mati mesin. Penyebabnya karena ada air yang masuk ke bagian dalam mesin mobil akibat kipas elektronik AC yang terus berputar. Jika kondisi ini dibiarkan, maka pergerakan kipas elektronik lama-kelamaan bisa pecah dan mesin mobil juga menjadi panas.

4.       Injak dan lepaskan rem

Ketika Anda sudah berhasil keluar dari jalanan yang digenangi air, langsung injak dan lepaskan rem secara bergantian dan perlahan. Tujuan melakukan ini adalah untuk mengeringkan komponen-komponen mesin mobil. Jika memungkinkan, Anda bisa berhenti sebentar untuk memastikan tidak ada sampah maupun kotoran yang tersangkut di grille bagian belakang mobil. Apabila tidak ada, maka Anda bisa melanjutkan perjalanan.

Itu dia beberapa tips yang diikuti supaya aman berkendara saat musim hujan. Selalu hati-hati, ya!

Belum ada Komentar untuk "Berkendara saat Musim Hujan? Ikuti Tips Ini!"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel